Latest Entries »

Tanggal 10 September 2008 (10-09-08), yah saya masih ingat betul tanggal ketika saya membuka akun rekening baru di Bank BNI cabang Gresik.

waktu itu kira kira jam 9 pagi, saya mendatangi Gedung Bnak BNI Gresik yang ada di Jalan Veteran Gresik dengan niat akan membuka rekening baru di sana. awalnya saya tak tahu kenapa saya memilih BNI, mungkin satu alasan yang menyebabkan memilih BNI adalah ternyata keluarga saya banyak yang sudah mempunyai rekening BNI,,hehe

Masuk ke dalam gedung BNI pintu terbuka sendiri, saya kira itu merupakan pintu otomatis yang bisa membuka sendiri, tapi ternyata ada bapak Security yang membukakan pintu itu tadi. Dengan tersenyum bapak tadi seraya mengucapkan selamat pagi kepada saya!!

“Selamat Pagi, Selamat Datang! Ada yang bisa saya bantu?”

langsung saya balas “Oh iya Pak, saya mau buka rekening baru”

*dalam hati berucap, wah enak, kirain kudu tanya dulu, ternyata ga pake tanya sudah ditawari mau ngapain!!*

Pelayanan baik dari Bank BNI tak hanya sampai di situ saja, sesaat setelah menerima nomor antrian saya menunggu antrian, disana sudah disediakan tempat duduk untuk pelanggan yang nyaman, ruangan berAC yang pas, layar televisi yang ga bikin bosan

*pokoknya lengkap deh menurut saya!!

*terus tingkatkan ya Bank BNI

tak lama kemudian, nomor antrian yang saya pegang juga akhirnya dipanggil untuk maju ke depan counter *alhamdulillah nunggunya gak lama*

saya pun maju ke depan dan di sana telah siap karyawan bank yang akan melayani saya nantinya, tanpa basa-basi lagi saya langsung saja mengutarakn tujuan saya mendatangi Bank ini. tanpa aba-aba karyawan tersebut langsung tersenyum dan menyapa seperti apa yang dilakukan petugas security di depan tadi. tak hanya itu saja, petugas yang ada di depan saya pun langsung menjelaskan apa-apa saja termasuk syarat dan ketentuan semuanya dijelaskan dengan gamblang, sehingga memudahkan saya memahaminya.

dari sini dapat saya simpulkan pelayanan Bank BNI sungguh bagus,, saran saya buat Bank BNI, tetap tingkatkan pelayanannya supaya customer semakin banyak dan semakin banyak.

Bank BNI THUMBS THUMBS THUMBS THUMBS UUUUPPPP

Sedekah!!

A. PENGERTIAN

Sedekah pada umumnya berarti memberikan sebagian harta/ hak milik kepada orang lain. Barang yang disedekahkan bisa apapun dan memberikan manfaat bagi orang lain dan barang itu tidak akan diminta kembali oleh yang memberikan dengan kata lain diberikan untuk selama-lamanya. Sedekah tidak dipengaruhi oleh sesuatu apapun , sedekah bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, dan untuk siapa saja. Sedekah merupakan perbuatan amal yang sangat dianjurkan dan dengan sedekah kita dapat membantu orang lain yang mengalami kesusahan. Dengan sedekah kita akan mendapatkan pahala sampai kapanpun walaupun kita sudah meninggal dan barang yang kita sedekahkan masih memberikan manfaat bagi orang lain maka amalan akan terus mengalir kepada orang yang bersedekah.

 

B. SYARAT SEDEKAH YANG DITERIMA

1. Niat Ikhlas hanya untuk mengharap keridhaan Allah SWT semata.

Sebab semua amal yang dilakukan bukan dengan tujuan mengharap ridha Allah SWT maka akan tertolak atau sia-sia belaka. Sedekah juga bukan digunakan untuk mencari muka/perhatian dari orang lain sehingga menganggap kita sebagai orang yang kaya atau supaya dihargai oleh masyarakat.

2. Barang yang disedekahkan adalah milik sendiri

Bahwa barang yang disedekahkan haruslah barang miliknya sendiri dan bukanlah barang orang lain ataupun barang yang diperoleh dengan cara yang tidak halal. Karena bila barang yang disedekahkan  bukanlah barang sendiri atau barang yang diperoleh dengan cara yang tidak halal maka orang yang menyedekahkannya akan menanggung dosa yang berlipat-lipat.

3. Barang yang disedekahkan dapat memberikan manfaat

Bahwa barang yang disedekahkan haruslah memberikan manfaat pada orang lain. Bila barang yang disedekahkan tidak memberikan manfaat maka percuma saja bersedekah karena tidak dapat membantu orang lain karena tujuan bersedekah adalah membantu orang lain yang mengalami kesulitan.

4. Tidak mengaharapkan barang kembali

Barang yang sudah disedekahkan haruslah tidak diingat-ingat dan diungkit-ungkit lagi. Barang yang disedekahkan harus sudah dilupakan dan jangan pernah diminta/ditagih dikemudian hari karena barang yang sudah disedekahkan tidak akan dan tidak boleh untuk diminta lagi.

 

 

mungkin sejak kelas dua ini *Kelas 2K Akuntansi 2010* gue menemukan tempat baru,,buat seru-seruan,, gila gilaan,, rame,, apapun lah itu namanya

awalnya hanya iseng iseng jalan ke salah satu mall deket kampus (baca: Bintaro Plaza)
waktu itu hanya kami berempat *salasa, deri, mbak pit, dan aserr
jalan bareng, makan bareng, gila gilaan bareng

seiiring berjalannya waktu,,datenglah dua cecunguk eR-Je ama Iman
setelah itu kita semakin akrab,,pokoknya kayak sodara lah kita di sini…

gak lama setelah itu,,,kami berpikir enaknya mo ngasih grup kita apaan namanya!!
tercetuslah nama SHOWBEAST,, *hmm nama yg cukup aneh bukan?

iya emang aneh,,tapi itulah gank kita *kita??? hahaha
pemberian nama itu ada alasannya karena kita semua suka SHOW *hahahha

intinya,,gue bikin blog ini biar kita semua tetep kompak sampe kapanpun,,, selamanya,, selama lama lama lama lamanyaaaa

KEEP KOMPAK GUYS!!!

Yahoo Messenger sudah merupakan sarana chatting yang populer. Untuk memudahkan para silaturahim pengunjung blog dengan penulis alangkah baiknya jika pengunjung dapat berkomunikasi langsung lewat YM (bagi yg pake YM) dapat menambahkan widget YM pada WordPress anda. Maksudnya adalah menampilkan status YM (yahoo messanger) anda pada bagian sidebar blog yanga anda miliki. Tujuannya adalah agar pengunjung mengetahui apakah anda sedang On line di YM atau tidak.

Langkah-langkah menyisipkan Status YM tersebut adalah :

1. Buka halaman administrator blog anda dengan mengetikan alamat berikut pada Url Box Browser anda. http://nama_yang_anda_gunakan.wordpress.com/wp-admin

2. Inputkan Username dan Password anda. Maka akan terbuka halaman admin.

3. Pada halaman Admin, klik bagian : Tampilan(Appearance) > Widget
Akan muncul halaman widget, dan klik tambah (add) untuk pilihan “Teks (Text)“.

4. Akan muncul box widget di bagian kanan layar, lalu klik bagian “Sunting (Configure)“.
Tuliskan Judul Widget Text dengan nama yang anda inginkan. Seperti “YM Gue“

5. Selanjutnya, silahkan Copy script berikut dan pastekan di box Widget Tex tersebut. (bagian Di bawa judul.

6. Perhatikan settingan berikut :
Ganti ID_YM_anda dengan ID Yahoo Messenger yang anda miliki.

7. Lakukan penyimpanan dengan mengklik ” Simpan Perubahan (Save Changes Changes)“. Lalu kunjungi alamat Blog anda, maka akan tampak perubahannya.

sumber: depot air QU

Pembangunan Nasional bertujuan untuk mewujudkan suatu masyarakat adil dan makmur yang merata spritiual dan material berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Karenanya, adalah kewajiban bagi setiap warga negara untuk berdarma bakti sesuai dengan profesi dan keahlian masing-masing.

Sejalan dengan itu, pengembangan profesi akuntan ditujukan untuk meningkatkan pengabdian profesi dalam Pembangunan Nasional, yang pada hakekatnya adalah pembangunan manusia Indonesia dan Pembangunan Masyarakat Indonesia. Para akuntan menyadari perlunya dukungan secara sistematis dan tertib demi pemeliharaan serta peningkatan kompetensi profesionalnya, maka merasa perlu untuk dibina, dibimbing, difasilitasi, dan diingatkan secara profesional.

Dalam rangka pembinaan tersebut, perlu adanya wadah yang mewakili akuntan secara keseluruhan, menetapkan standar kualitas, mengembangkan dan menegakkan etika profesi, memelihara martabat dan kehormatan, membina moral dan integritas yang tinggi, mewujudkan kepercayaan atas hasil kerja profesi akuntan dan wadah komunikasi, konsultasi, koordinasi serta usaha-usaha bersama lainnya yang diperlukan. Menyadari akan hal tersebut maka para akuntan bergabung dalam wadah organisasi yaitu Ikatan Akuntan Indonesia.

Pada waktu Indonesia merdeka, hanya ada satu orang akuntan pribumi, yaitu Prof. Dr. Abutari, sedangkan Prof. Soemardjo lulus pendidikan akuntan di negeri Belanda pada tahun 1956.
Akuntan-akuntan Indonesia pertama lulusan dalam negeri adalah Basuki Siddharta, Hendra Darmawan, Tan Tong Djoe, dan Go Tie Siem, mereka lulus pertengahan tahun 1957. Keempat akuntan ini bersama dengan Prof. Soemardjo mengambil prakarsa mendirikan perkumpulan akuntan untuk bangsa Indonesia saja. Alasannya, mereka tidak mungkin menjadi anggota NIVA (Nederlands Institute Van Accountants) atau VAGA (Vereniging Academisch Gevormde Accountants). Mereka menyadari keindonesiaannya dan berpendapat tidak mungkin kedua lembaga itu akan memikirkan perkembangan dan pembinaan akuntan Indonesia.

Hari Kamis, 17 Oktober 1957, kelima akuntan tadi mengadakan pertemuan di aula Universitas Indonesia (UI) dan bersepakat untuk mendirikan perkumpulan akuntan Indonesia. Karena pertemuan tersebut tidak dihadiri oleh semua akuntan yang ada maka diputuskan membentuk Panitia Persiapan Pendirian Perkumpulan Akuntan Indonesia. Panitia diminta menghubungi akuntan lainnya untuk menanyakan pendapat mereka. Dalam Panitia itu Prof. Soemardjo duduk sebagai ketua, Go Tie Siem sebagai penulis, Basuki Siddharta sebagai bendahara sedangkan Hendra Darmawan dan Tan Tong Djoe sebagai komisaris. Surat yang dikirimkan Panitia kepada 6 akuntan lainnya memperoleh jawaban setuju.

Perkumpulan yang akhirnya diberi nama Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) akhirnya berdiri pada 23 Desember 1957, yaitu pada pertemuan ketiga yang diadakan di aula UI pada pukul 19.30.

Susunan pengurus pertama terdiri dari:

Ketua
Prof. Dr. Soemardjo Tjitrosidojo

Panitera
Drs. Mr. Go Tie Siem

Bendahara
Drs. Sie Bing Tat (Basuki Siddharta)

Komisaris
Dr. Tan Tong Djoe
Drs. Oey Kwie Tek (Hendra Darmawan)

Keenam akuntan lainnya sebagai pendiri IAI adalah

Prof. Dr. Abutari
Tio Po Tjiang
Tan Eng Oen
Tang Siu Tjhan
Liem Kwie Liang
The Tik Him
Konsep Anggaran Dasar IAI yang pertama diselesaikan pada 15 Mei 1958 dan naskah finalnya selesai pada 19 Oktober 1958. Menteri Kehakiman mengesahkannya pada 11 Pebruari 1959. Namun demikian, tanggal pendirian IAI ditetapkan pada 23 Desember 1957. Ketika itu, tujuan IAI adalah:

Membimbing perkembangan akuntansi serta mempertinggi mutu pendidikan akuntan.
Mempertinggi mutu pekerjaan akuntan.
Sejak pendiriannya 49 tahun lalu, kini IAI telah mengalami perkembangan yang sangat luas. Hal ini merupakan perkembangan yang wajar karena profesi akuntan tidak dapat dipisahkan dari dunia usaha yang mengalami perkembangan pesat. Salah satu bentuk perkembangan tersebut adalah meluasnya orientasi kegiatan profesi, tidak lagi semata-mata di bidang pendidikan akuntansi dan mutu pekerjaan akuntan, tetapi juga upaya-upaya untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dan peran dalam perumusan kebijakan publik.

Misi

memelihara integritas, komitmen, dan kompetensi anggota dalam pengembangan manajemen bisnis dan publik yang berorientasi pada etika, tanggungjawab, dan lingkungan hidup;

mengembangkan pengetahuan dan praktek bisnis, keuangan, atestasi, non-atestasi, dan akuntansi bagi masyarakat; dan

berpartisipasi aktif di dalam mewujudkan good governance melalui upaya organisasi yang sah dan dalam perspektif nasional dan internasional.

Visi

Visi IAI adalah menjadi organisasi profesi terdepan dalam pengembangan pengetahuan dan praktek akuntansi, manajemen bisnis dan publik, yang berorientasi pada etika dan tanggungjawab sosial, serta lingkungan hidup dalam perspektif nasional dan internasional.

sumber: IAI

Puisi ini dibuat ketika lagi suntuk suntuk nya kelas waktu mata kuliah Hukum Administrasi Keuangan Negara 2 (HAKN2),,di mana salah satu pendorong munculnya ide kreatif ini adalah salah satu dosen terbaik di kelas 3A —-> Bapak. Tanda Setiya *Standing Ovation buat beliau*

C E K I B R O T

 

 

Tema : Masa lalu

Aku akan mencoba mengulang dari kegelapan gang romeo

Waktu yang telah lampau

Hilang bagai sinar bulan muda

Kenangan itu saya kelaparan

Tiada biaya, tiada mama

Hanya ada Cinta… ^^

 

 

Tema : Masa Depan

Semuanya terhampar

Laksana permadani

Di depan mata aku terpesona

Mimpi itu,, oooh,, indahnya

Dan ketika waktu itu tiba

Aku menjadi sukses seketika

Ketika itu telah tiba

dan saat terhampar di hadapanku

sebentuk pengharapan hidup ini

aku berharap jadi mbah Maridjan

NGIMPIIIIII !!!

sumber: Group Page 3A Akuntansi STAN 2010

PENYIMPANGAN PROFESI AKUNTANSI – PROFESI BISNIS

Penyimpangan sering terjadi di segala bidang, tak terkecuali penyimpangan profesi akuntansi dan profesi bisnis. Pada tulisan kali ini saya mengangkat masalah kasus ENRON..

Identifikasi Kasus ENRON:

  1. Beberapa perusahaan besar di Amerika Serikat terlibat skandal bisnis yang menyebabkan kehancuran pada perusahaan. Salah satunya adalah Enron.
  2. Kasus Enron terungkap pada Desember 2001 dan terus berkembang tahun 2002.
  3. Turunnya harga saham atau bursa efek yang drastis diberbagai belahan dunia.
  4. Kasus Enron terdapat manipulasi laporan keuangan dengan mencatat keuntungan $600 juta padahal perusahaan rugi, dengan tujuan agar investor tetap tertarik pada saham Enron.
  5. Direktur dan sebagian besar Karyawan Enron berasal dari KAP Andersen. Enron adalah klien KAP Anderson.
  6. Awal tahun 2001 hasil evaluasi KAP Anderson tetap mempertahankan Enron sebagai klien.
  7. Pertengahan tahun 2001 Salah seorang eksekutif Enron di laporkan telah mempertanyakan praktek akunting perusahaan yang dinilai tidak sehat kepada CEO dan partner KAP Andersen.
  8. CEO Enron menugaskan melakukan investigasi. Hasil investigasi tidak ada hal serius yang perlu diperhatikan.
  9. 16 Oktober 2001 Enron menerbitkan laporan keuangan, Enron mengalami keuntungan yang meningkat dari periode sebelumnya.
  10. CEO Enron tidak menjelaskan secara rinci tentang pembebanan biaya akuntansi khusus (special accounting charge/expense) sebesar $1 miliar, yang sebenarnya rugi sebesar $644 juta.
  11. 2 Desember 2001 Enron mendaftarkan kebangkrutan dan memiliki hutang sebesar lebih dari $1 miliyar.
  12. Enron dan KAP Andersen dituduh telah melakukan kriminal dalam bentuk penghancuran dokumen yang berkaitan dengan investigasi atas kebangkrutan Enron.
  13. Dana pensiun Enron sebagian besar diinvestasikan dalam bentuk saham Enron,harga saham Enron terus menurun dan hampir tak ada nilainya.
  14. Juni 2002 KAP Andersen diberhentikan sebagai auditor Enron.
  15. Tanggal 14 Maret 2002 departemen kehakiman Amerika memvonis KAP Andersen bersalah atas tuduhan melakukan penghambatan dalam proses peradilan karena telah menghancurkan dokumen-dokumen yang sedang di selidiki.
  16. KAP Andersen terus menerima konsekwensi negatif dari kasus Enron berupa kehilangan klien, pembelotan afiliasi yang bergabung dengan KAP yang lain dan pengungkapan yang meningakat mengenai keterlibatan pegawai KAP Andersen dalam kasus Enron.

Teori yang mendukung:

  1. Etika adalah nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat. Berdasarkan kasus Enron terdapat beberapa penyimpangan etika profesi akuntansi yaitu memanipulasi pembukuan perusahaan dan kebohongan public.
  2. Sanksi yang diterima oleh Enron dan KAP Andersen berupa sanksi hukum, karena berskala besar dan merugikan hak pihak lain.
  3. Teori yang mendukung dalam bidang etika profesi dan etika bisnis yaitu melalui Perkembangan paham etika yang berkaitan dengan kasus Enron yaitu:

· Teleology

· Machiavellism

Teleology merupakan tindakan dianggap secara moral benar jika menghasilkan yang diinginkan sebagian orang, yaitu kesenangan, pengetahuan, pertumbuhan karakter, suatu kepentingan diri, atau kegunaan. Teleology terbagi dua (2) yaitu egoism dan uttilitarism. Dalam kasus Enron termasuk dalam egoism karena Enron dan KAP Andersen menutupi keadaan yang sebenarnya atas keuangan serta laba Enron agar saham Enron tetap diminati investor. Paham Machiavellianism juga terkait dengan kasus Enron karena Enron telah mendapatkan lebih banyak rewards dibandingkan yang dia peroleh ketika tidak melakukan manipulasi pembukuan. Enron telah memanfaatkan situasi untuk mendapatkan kauntungan pribadi serta tidak taat aturan dan melakukan tindakan tidak etis.

Penyelesaian :

Menurut saya penyelesaian yang harus diselesaikan yaitu Enron dan KAP Andersen harus ditindak tegas agar individu yang terlibat tidak mengulangi kesalahannya dan individu lain tidak meniru sebagian atau seluruh tindakan buruk yang telah dilakukan Enron. Semua KAP harus independent sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

sumber: Google, uwiiii’s blog

saya mencoba berbagi dengan sesama,,

di bawah ini adalah beberapa link download untuk alQuran

1. Al Fatihah

2. Al Ikhlas

3. Al Falaq

4. An Nas

 

saya akan coba terus meng-update quran yang bisa di download

semoga bermanfaat

amiiin!!!

LEGAAAA RASANYAA!!!

mungkin judul postingan ini cukup jelas,, dan mewakili perasaan saya setelah terlepas dari jeratan tugas yang MAHABERAT mengurusi adminixtrasi dan kesekretariatan HIMASURYA 2009-2010..

rasanya begitu PLONK dan LEGA banget setelah tanggal 14 November 2010 itu terlewati,,terlebih ketika diucapkannya “Kepengurusan BPH 2009-2010 telah BERAKHIR”

ohh,, sungguh luar biasa rasanya setelah terlepas dari jabatan MAHABERAT itu (baca: Sekretaris HIMASURYA)

berhari hari rasanya lamaaaa banget buat ngurusi penyusunan LPJ

LPJ ini saya susun sendiri setebal hampir seratus halaman!! (asli ini lama banget,,bikin capek,, makan ati)
dan syukurlah,,tanggal itu telah datang,,,

 

SAYA BEBAAAASSSS

 

LEGAAAA RASANYAA!!!

Akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritaspajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaanorganisasi, dan lembaga pemerintah. Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Secara luas, akuntansi juga dikenal sebagai “bahasa bisnis”.[1] Akuntansi bertujuan untuk menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat agar dapat dimanfaatkan oleh para manajer, pengambil kebijakan, dan pihak berkepentingan lainnya, seperti pemegang saham, kreditur, atau pemilik. Pencatatan harian yang terlibat dalam proses ini dikenal dengan istilah pembukuan. Akuntansi keuangan adalah suatu cabang dari akuntansi dimana informasi keuangan pada suatu bisnis dicatat, diklasifikasi, diringkas, diinterpretasikan, dan dikomunikasikan. Auditing, satu disiplin ilmu yang terkait tapi tetap terpisah dari akuntansi, adalah suatu proses dimana pemeriksa independen memeriksa laporan keuangan suatu organisasi untuk memberikan suatu pendapat atau opini – yang masuk akal tapi tak dijamin sepenuhnya – mengenai kewajaran dan kesesuaiannya dengan prinsip akuntansi yang berterima umum.

Praktisi akuntansi dikenal sebagai akuntan. Akuntan bersertifikat resmi memiliki gelar tertentu yang berbeda di tiap negara. Contohnya adalah Chartered Accountant (FCA, CA or ACA), Chartered Certified Accountant (ACCA atau FCCA), Management Accountant (ACMA, FCMA atau AICWA), Certified Public Accountant (CPA), dan Certified General Accountant (CGA). Di Indonesia, akuntan publik yang bersertifikat disebut CPA Indonesia (sebelumnya: BAP atau Bersertifikat Akuntan Publik).

 

 

sumber wikipedia